Unkhair Ternate Jadi Tuan Rumah Kongres III Forum Dekan Teknik Indonesia

Posted by

Civitas Akademika Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menjadi tuan rumah pada Kongres III Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) yang dilaksanakan di hotel Sahid Bela Ternate, Sabtu (6/11/2021).

Kegiatan Kongres III FDTI mengusung tema “Peran Pendidikan Tinggi Teknik Dalam Mengawal Pembangunan Ibu Kota Negara”

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan,Riset, dan Teknologi RI. Prof.Ir. Nizam dalam sambutanya mengatakan, setelah menggelar Kongres II di Bali, banyak hal yang dilakukan bersama-sama.

Menurutnya, hal paling menarik dalam Forum Dekan Teknik Indonesia ini adalah, rasa persaudaraan yang sangat kuat dan anggotanya seluruh dekan, mantan dekan, serta deklator.

“Tetapi menunjukan bahwa Forum Dekan Teknik Indonesia dilatar belakangi, didasari dengan semangat kekeluargaan, jadi tidak ada kata mantan semuannya adalah keluarga besar FDTI,” ujar Nizam yang juga ketua umum FDTI.

Kata dia, meski ada anggota FDTI yang sudah menjabat sebagai Wakil Rektor kemudian ada yang mendapat amanah sebagi Dirjen, tetapi semua masih dalam satu keluarga yaitu FDTI

“Dalam rangka mewujudkan keadilan, kemakmuran, kesejahtraan bagi seluruh rakyat indonesia tentu satu peradaban yang titik sangat krisis, karena kita sekarang memasuki bonus geografis kemudian berada pada pusat ekonomi dunia,” jelas Nizam.

Kata Nizam, penting untuk memastikan FDTI karena enginering adalah, tulang pungung penting dalam pembangunan negara karena terkait sektor riil, sektor pembangunan yang material seperti infrastruktur, industri, pengembangan teknologi, peningkatan kesejahtran.

“Semua itu kunci utamannya di enjinering  caranya kekompakan para dekan untuk mengawal pengembangan pendidikan teknik kedepan, ini amat sanggat penting karena kekompakan adalah awal mula kekuatan awal untuk kita bisa berlari melompat kedepan,” ucap Nizam.

Dia mengaku, selama dua tahun banyak kegiatan dilakukan oleh FDTI, termasuk menjadikan FDTI badan hukum perkumpulan pada tanggal 10 Desember 20219 lalu.

“Alhamdulilah  dua bulan setelah kongres kita bisa menghasilkan badan hukum FDTI, sehingga sebagai organisasi lembaga sudah legal diakui negara, selain itu Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) juga sudah disusun,” jelas Nizam.

Oleh karena itu, pihaknya berharap semoga kongres hari ini dapat berjalan aman, lancar, dan tertib sehingga mengkokohkan persaudaraan FDTI kedepan.

Sementara itu, Rektor Unkhair Ternate Dr. M. Ridha Ajam dalam sambutanya mengatakan, kegiatan Kongres III Forum Dekan Teknik Indonesia di tahun 2021 ini, kegiatan dengan peserta terbanyak yang dilaksanakan di Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Baik seminar internasional maupun Kongres III FDTI, kami sangat berterima kasih kepada peserta maupun ketua umum FDKI yang mempercayakan Unkhair menjadi tuan rumah, pada penyelenggaraan kegiatan Kongres III FDTI di tahun 2021,” ujar Rektor.

Dalam kegiatan Kongres II DFTI, Rekor berharap semua keputusan yang diambil nanti memberikan dampak positif untuk dunia pendidikan tinggi pada umumnnya terutama ilmu Teknik pada khususnya.

“Sehingga pembangunan di indonesia sesuai tema yang diusung ini bagian dari perhatian kita kepada pembangunan, terhadap ibu kota baru yakni Kalimantan olehnya itu,  kedepan mudah-mudahan kualitas infrastruktur yang ditunjang oleh dekan fakultas Teknik seluruh indonesia untuk memiliki ilmu tersebut,” ucap Rektor.

Sebagai tuan rumah, Rektor atas nama Civitas Akademika Unkhair Ternate sangat berbangga dipercaya sebagai host kegiatan bertaraf nasional.

“Kemudian yang menjadi host tuan rumah adalah Unkhair Ternate khususnya Fakultas Teknik, kami sangat bangga sebagai orang daerah sebagai institusi perguruan tinggi dipercayakan sebagai tuan rumah,” pungkas Rektor.

Sumber

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.