
Yogyakarta, 04–07 Agustus 2025 – Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi teknik di Indonesia melalui penyelenggaraan Pelatihan Outcome Based Education (OBE) Batch II yang berlangsung di Fakultas Teknologi Mineral dan Energi (FTME) serta Fakultas Teknologi Industri (FTI) UPN Veteran Yogyakarta.
Kegiatan ini diikuti oleh 44 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai perguruan tinggi anggota FDTI. Pelatihan menghadirkan tim fasilitator Edusquade, terdiri dari para akademisi dan pakar terkemuka, yakni Prof. Ir. Leni Sophia Heliani, ST., M.Sc., D.Sc., IPU (Universitas Gadjah Mada), Prof. Tjokorde Walmiki Samadhi, S.T., M.T., Ph.D. (Institut Teknologi Bandung), Prof. Dr. Ir. Illah Sailah, M.S. (Institut Pertanian Bogor), Berlian Kushari, S.T., M.Eng. (Universitas Islam Indonesia), Prof. Dr. Ir. Muhammad Romli, MSc., ST., IPU (Institut Pertanian Bogor), serta Ir. Arief Syaichu Rohman, M.Eng.Sc., Ph.D. (Institut Teknologi Bandung).

Selama empat hari, pelatihan berjalan intensif dengan kombinasi metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, hingga presentasi, sehingga peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga pengalaman praktik yang aplikatif. Materi yang dibahas mencakup konsep dasar OBE, perumusan tujuan pendidikan program atau Profil Profesional Mandiri (PPM), penyusunan capaian pembelajaran lulusan (CPL) dan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), konstruksi kurikulum berbasis luaran, hingga strategi asesmen dan peningkatan mutu pembelajaran.
Hari pertama pelatihan difokuskan pada pengenalan konsep OBE serta perumusan tujuan pendidikan dan CPL. Pada hari kedua, peserta mendalami perancangan kurikulum berbasis luaran, peta kurikulum, serta dokumen perencanaan perkuliahan. Hari ketiga berfokus pada latihan desain asesmen baik di tingkat mata kuliah maupun program studi, sementara hari keempat diisi dengan latihan desain metode pembelajaran, manajemen perubahan, dokumentasi, hingga sesi feedback terhadap draft kurikulum OBE.

Melalui kegiatan ini, peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai implementasi kurikulum berbasis OBE yang sesuai dengan standar internasional. Selain itu, forum ini juga menjadi ruang kolaborasi dan berbagi praktik baik antarperguruan tinggi, sehingga diharapkan mampu memperkuat konsistensi penerapan OBE di seluruh anggota FDTI.
FDTI menegaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan Pelatihan OBE Batch II ini merupakan langkah strategis dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan tinggi teknik di Indonesia. Dengan sinergi antara fasilitator, peserta, dan perguruan tinggi anggota, diharapkan OBE dapat diterapkan secara berkelanjutan demi menghasilkan lulusan teknik yang kompeten, adaptif, dan siap menghadapi tantangan global.